Home » » Cara Benar Mencuci Sprei

Cara Benar Mencuci Sprei


Berikut ini adalah tips mencuci dan merawat sprei agar warna  tetap cemerlang dan tahan lama,

Kualitas Air Bersih
  • Air untuk mencuci sprei harus bersih dan tidak berwarna kuning. Jika Anda mencuci sprei dengan air yang tidak bersih, maka secara otomatis warnanya akan lekas pudar dan yang berwarna putih akan berwarna kekuning-kuningan.
Pisahkan Pakaian
  • Untuk memudahkan pencucian dan agar tidak terjadi kelunturan jika spreinya luntur maka sebaiknya dipisahkan antara sprei, bed cover dan pakaian yang lain pada saat merendam maupun pada saat pencucian.
Rendam Air Hangat
  • Jangan rendam sprei Anda dengan detergen terlalu lama, usahakan tidak lebih dari 1 jam dan jangan menggunakan bahan pemutih. Jika memungkinkan pada saat merendam pakai air hangat-hangat kuku biar kotoran yang menempel pada sprei mudah dibersihkan.
Cuci Dengan Hati-hati
  • Jika mencuci dengan mesin cuci usahakan menggunakan kecepatan normal dan jangan dicampur dengan bed cover atau pakaian yang lain dan bila dicuci pakai tangan usahakan tidak disikat dengan kencang namun cukup diucek dengan perlahan.
Balik Sprei Saat Menjemur
  • Jemurlah sprei dalam kondisi terbalik dan usahakan tidak langsung terkena terik sinar matahari agar warna tidak cepat pudar.
Sesuaikan Panas Saat Setrika
  • Untuk sprei berbahan katun maka pilihlah ukuran panas untuk katun karena kalau terlalu panas maka akan cepat halus namun warna akan cepat pudar dan sebaliknya kalau tidak panas maka warna akan awet namun hasil setrikaan tidak halus.
Simpan
  • Usahakan sprei disimpan dalam kondisi sudah disetrika karena kalau disimpan dalam kondisi belum distrika maka bekas lipatan sprei akan tampak meskipun sudah disetrika.
Demikianlah beberapa tips untuk memperlakukan sprei agar warna tetap cemerlang dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Daftar Tips

Diberdayakan oleh Blogger.